Minggu, 03 Mei 2015

Tips merawat komputer atau laptop agar tidak cepat rusak

Tips merawat komputer atau laptop agar tidak cepat rusak bukan perkara yang sulit beberapa perawatan kecil dapat menjegah komputer atau laptop anda cepat rusak tentu saja membuat komputer awet dan tahan lama. Bagi beberapa orang mungkin mengabaikan hal-hal kecil yang dapat menyebabkan komputer rusak, padahal komputer adalah barang yang sensifif, sedikit kerusakan dapat merambat ke segala komponen lainnya. Kali ini saya akan memberikan tip agar komputer kalian tidak cepat rusak. Tips yang akan saya berikan bukanlah tips yang sulit dilakukan .

Beberapa tips ini dapat membantu kalian agar dapat merawat komputer kalian tetap awet, saya pun melakukan hal ini dan alhasil komputer yang saya beli 5 tahun yang lalu tetap awet hingga sekarang tanpa pernah diganti komponennya sedikitpun.

1.Bersihkan komputer/ laptop secara berkala

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Hal ini dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan debu kotor yang menempel pada komponen komputer. Dengan membersihkan secara berkala bisa 1-3 bulan sekali. Cara ini tidak cukup sulit karena kalian bisa menggunakan semprotan angin dari kompressor untuk melakukannya, tapi pastikan menggunakan tekanan angin rendah.

2.Gunakan pengaman aliran listrik seperti UPS dan Stabilizer

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Dikarenakan naik turunnya voltase listrik dapat merusak komponen komputer maka gunakanlah UPS atau stabilizer untuk menstabilkan arus listrik komputer anda. Tidak seperti elektronik lainnya komputer memiliki komponen yang sangat kecil-kecil, itu memiliki kekurangan dapat mudah rusak terhadap voltase yang tidak stabil.

3.Aktifkan Power Saver di komputer

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak


Dengan mengaktifkan Power Saver di komputer sudah jelas dapat menghemat listrik di komputer kalian dan yang terpenting karena komputer akan berhenti di tingkat performa saat komputer ditinggalkan atau sedang tidak ada aktifitas , sudah jelas akan memanjangkan umur dari komputer.

4.Matikan atau tutup program yang tidak digunakan

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Bagi beberapa orang ini adalah hal yang spele padahal kasus ini adalah yang paling membahayakan pada komputer. Kok bisa? sudah jelas jika ada program berjalan tentunya program itu akan membutuhkan tenaga CPU dan Ram, dan jika di jalankan terus menerus akan membuat CPU overheat atau panas, dan panas dari CPU bisa mencapai suhu air mendidih hingga 100 derajat dan tentunya akan cepat merusak komponen komputer.

5.Periksa Alat Pendingin Komputer

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Kipas pendingin komputer mungkin untuk mendinginkan badan kamu saat kepanasan sangat tidak terasa, akan tetapi komputer membutuhkan pendingin yang stabil, tanpa kipas pendingin komputer bisa mencapai titik maksimum suhu dalam 10 menit, bayangkan jika komputer kamu kipasnya mati atau bermasalah maka akan merugikan komputer kamu, maka dengan itu mengecek kipas pendingin adalah hal yang sangat penting.

6.Hindari Cashing Komputer bersentuhan dengan masa.
Cashing komputer yang bersentuhan dengan masa akan mengakibatkan hubungan pintas listrik, walaupun kecil ini akan berakibat fatal jika terus menerus. Cukup menggunakan karpet sebagai alas dan jauhkan cashing komputer dari tembok akan membuat komputer kamu aman dari hubungan masa.

7. Jangan tempatkan laptop diatas kasur atau benda mirip kain lainnya

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Bagian bawah dan samping laptop digunakan untuk menyerap udara dan mengelurakan udara panas hasil pendinginan laptop, namun bahan seperti kain akan menyerap panas tesebut sehingga udara panas akan terpantul kembali ke permukaan laptop, beberapa kasus laptop terbakar diakibatkan oleh pengguna yang memainkan lapop diatas kasur, maka dari itu hindari penggunaan laptop diatas kasur.

8.Hindari benda cair dari laptop dan komputer

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Kita tau bahwa musuh utama elektronik adalah air, tidak ada kompromi saat komponen elektronik menyentuh air atau benda cair, ini diakibatakan karena air dapat menghantarkan listrik dan menimbulkan massa.

9. Posisikan Komputer dengan benar.
Memposisikan komputer dengan benar sangatlah penting . Kenapa?? karena PC maupun laptop memiliki komponen berupa harddrive yang bekerja dengan memutarkan secara sentrifugal. Jika kalian meletakan dengan miring akan mengakibatkan piringan itu tidak stabil dan memungkinkan menggores piringan hariddisk yang akhirnya menyebabkan bad sector.

10. Jauhkan dari benda yang bersifat magnetik 

Magnet dapat mengganggu aliran listrik, magnet sangat berbahaya bila bersentuhan langsung dengan komponen komputer.

11. Gunakan plastik pelindung pada keyboard

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Gunanya agar tidak ada cairan dan debu yang masuk ke dalam keyboard, saya dari dulu selalu menggunakan pelindung keyboard dan hasilnya keyboard murah saya bisa bertahan hingga 3 tahun lebih. Berbeda dengan waktu saya sekolah, saya tidak pernah memakainya dan dalam 2 bulan sudah harus diganti.

12. Selalu update antivirus 

Tips merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak

Pro dan kontra virus yang dapat merusak fisik komputer sering terjadi tapi mungkin saja dengan hal tertentu sperti virus yang memakan penggunaan CPU secara terus menerus akan mengakibatkan komputer panas dan akhirnya merusak komponen, maka dari itu antivirus merupakan bagian penting dari perlindungan hardware maupun software kita.

2 komentar:

  1. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    BalasHapus
  2. Have used Kaspersky protection for a couple of years now, I'd recommend this product to all of you.

    BalasHapus